Minggu, 20 Januari 2008

Ekologi...

Seiring dengan datangnya isu tentang pemanasan Global atau bahasa kerennya adalah Global Warming, semua orang banyak berbicara dan berkomentar mengenai hal tersebut dan hal-hal terkait lainnya. Ekologi, Ekosistem, dan Lingkungan Hidup adalah kata kunci dari semua komentar kebanyakan orang saat ini. Tulisan ini hadir guna sekedar meluruskan beberapa kalimat-kalimat yang pernah terlontar dan akan terlontar kemudian, agar penghormatan terhadap definisi sebagai laras ilmiah dan atau ragam bahasa dapat tercipta.
Berikut adalah beberapa definisi yang terkait tersebut :
      1. Ekosistem : Adalah wilayah geografis dimana tumbuhan, daya, keadaan dan makhluk hidup, lansekap, dan iklim berinteraksi bersama.
      2. Lingkungan : adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
      3. Ekologi : karena ada kata logos yang berarti ilmu, maka definisinya adalah ilmu yang mempelajari tentang habitat dan interaksi benda hidup dengan alam.
Yang coba diluruskan adalah kalimat seperti; "marilah kita jaga ekologi kia dari dampak global warming", dimana yang benar adalah "marilah kita jaga lingkungan kita dari dampak global warming".
Semoga dikemudian hari tidak ada lagi kesalahan dalam pemakaian kata dalam kalimat. Karena dapat menciptakan kerancuan nantinya.

Tidak ada komentar: